Atom, merupakan salah satu aplikasi Text Editor yang sangat bagus karena bisa digunakan oleh Semua, dalam arti bisa berjalan di berbagai sistem operasi. Hal itulah yang menjadi salah satu mengapa Atom sering digunakan sebagai alat atau tools development, selain cross-platform Atom juga Free Software (Tidak membutuhkan lisensi untuk mengaktifkan) dan Open Source (Sumber kodenya tersedia dan disebar luaskan).

Dikembangkan oleh Github Inc. pada 2014, dengan menggunakan Atom Shell (atau sekarang Electron) ini di klaim sebagai text editor yang bisa di custom dengan merubah file konfigurasinya. Dengan dukungan plugin yang ditulis dengan platform Node.js dan tertanam dalam di Git Control, Atom menjadi bersifat modular yang berarti kita bisa menambahkan plugin-plugin yang ada dan bisa melakukan kofigurasi sesuai dengan kita inginkan.

Atom juga dapat digunakan sebagai Integrated Development Environment atau biasa disingkat IDE. Setelah versi Beta selesai, Github Inc. selaku pengembang dari Atom akhirnya meluncurkan versi finalnya yakni Atom 1.0 pada 25 Juni 2015 dan mereka (pengambang) memberi nama “hackable text editor for the 21st Century” atau “teks editor hackable untuk abad 21”.

Cara Install Atom di Linux Ubuntu

Atom versi terbaru yakni versi 1.13.1 hanya tersedia untuk sistem 64-bit saja.

Download dengan nama file atom-amd64.deb

Buka terminal dan jalankan “sudo dpkg -i atom-amd64.deb”

Kekurangan menginstall Atom di Linux adalah tidak mengupdate secara otomatis, jadi agan harus menggunakan perintah: “sudo apt upgrade” untuk melakukan upgrade Atom pada sistem operasi Debian dan Ubuntu based.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat dan bisa membantu agan dan jangan lupa untuk Share yahh 🙂

Referensi: